Tugas Opini 3
Nama : Andyka Syapri
Kelas : 3EA19
NPM : 11214181
Mata
Kuliah : Etika Bisnis
1. Bagaimana
pendapat anda tentang sistem pengaturan usaha dengan Good Corporate Governance
(GCG) (Studi Kasus pada Greenbox Laundry Depok) ?
Dari
hasil penelitian kami di usaha “Laundry Greenbox Depok” menunjukkan bahwa
pelaksanan Good Corporate Governance cukup tinggi karna kami melihat mereka
menjunjung tinggi 5 prinsip GCG yaitu fairness, indepency, transparency,
accountability, dan responsibility, terutama di responsibility mereka sangat
bertanggung jawab dalam melestarikan lingkungan hidup sekitar dengan
menggunakan pengharum dan deterjen yang ramah lingkungan dan juga tidak memakai
kantong plastik saat pelanggan mengambil laundry.
2. Bagaimana
pendapat anda tentang hubungan perusahaan dengan CSR/Stakeholder pada Toko
Sepatu Futsal League ?
Toko Sepatu langue meyakini
bahwa program CSR merupakan investasi demi pertumbuhan dan keberlanjutan
(sustainability) usaha. Artinya, CSR bukan lagi dilihat sebagai sentra biaya
(cost centre) melainkan sentra laba (profit center) di masa yang akan datang.
Logikanya adalah bila CSR diabaikan, kemudian terjadi insiden, maka biaya untuk
mengcover resikonya jauh lebih besar ketimbang nilai yang hendak dihemat dari
alokasi anggaran CSR itu sendiri. Belum lagi resiko non-finansial yang
berpengaruh buruk pada citra korporasi dan kepercayaan masyarakat pada perusahaan.
Dengan demikian, CSR bukan lagi sekedar aktifitas tempelan yang kalau terpaksa
bisa dikorbankan demi mencapai efisiensi, namun CSR merupakan nyawa korporasi.
CSR telah masuk kedalam jantung strategi korporasi. CSR disikapi secara
strategis dengan melakukan inisiatif CSR dengan strategi korporsi. Caranya,
inisatif CSR dikonsep untuk memperbaiki konteks kompetitif korporasi yang
berupa kualitas bisnis tempat korporasi beroperasi.
3. Bagaimana
pendapat anda tentang jenis pasar etika bisnis dalam pasar kompetitif dan etika
bisnis dalam pasar global pada Restoran Ayam Bakar Losari ?
Menurut
opini saya tentang studi kasus ini dengan banyak nya persaingan yang kompetitif
di pasar global restaurant ayam bakar losari sudah sangat baik karena dilihat
dari desain dan produk pada ayam bakar losari itu mempunyai keunggulan yang
beda dari ayam bakar yang lain yaitu menciptakan ayam bakar dengan bumbu yang
khas dengan komposisi rasa yang seimbang, yang cocok untuk lidah orang banyak.
Dalam pasar kompetitif ayam bakar losari juga menciptakan desain produk dan
jasa seperti melakukan langkah untuk mengembangkan bisnis dari waktu ke waktu
dan cara mengatasi siklus penjualan yang turun, dan cara mengidentifikasi apa
yang menjadi keinginan konsumen dan cara memenuhi apa yang di inginkan
konsumen.
Komentar
Posting Komentar