Tugas Opini 3



Nama               : Andyka Syapri          
Kelas               : 3EA19
NPM                : 11214181
Mata Kuliah     : Etika Bisnis


1.       Bagaimana pendapat anda tentang sistem pengaturan usaha dengan Good Corporate Governance (GCG) (Studi Kasus pada Greenbox Laundry Depok) ?
Dari hasil penelitian kami di usaha “Laundry Greenbox Depok” menunjukkan bahwa pelaksanan Good Corporate Governance cukup tinggi karna kami melihat mereka menjunjung tinggi 5 prinsip GCG yaitu fairness, indepency, transparency, accountability, dan responsibility, terutama di responsibility mereka sangat bertanggung jawab dalam melestarikan lingkungan hidup sekitar dengan menggunakan pengharum dan deterjen yang ramah lingkungan dan juga tidak memakai kantong plastik saat pelanggan mengambil laundry.

2.      Bagaimana pendapat anda tentang hubungan perusahaan dengan CSR/Stakeholder pada Toko Sepatu Futsal League ?
 Toko Sepatu langue meyakini bahwa program CSR merupakan investasi demi pertumbuhan dan keberlanjutan (sustainability) usaha. Artinya, CSR bukan lagi dilihat sebagai sentra biaya (cost centre) melainkan sentra laba (profit center) di masa yang akan datang. Logikanya adalah bila CSR diabaikan, kemudian terjadi insiden, maka biaya untuk mengcover resikonya jauh lebih besar ketimbang nilai yang hendak dihemat dari alokasi anggaran CSR itu sendiri. Belum lagi resiko non-finansial yang berpengaruh buruk pada citra korporasi dan kepercayaan masyarakat pada perusahaan. Dengan demikian, CSR bukan lagi sekedar aktifitas tempelan yang kalau terpaksa bisa dikorbankan demi mencapai efisiensi, namun CSR merupakan nyawa korporasi. CSR telah masuk kedalam jantung strategi korporasi. CSR disikapi secara strategis dengan melakukan inisiatif CSR dengan strategi korporsi. Caranya, inisatif CSR dikonsep untuk memperbaiki konteks kompetitif korporasi yang berupa kualitas bisnis tempat korporasi beroperasi.

3.      Bagaimana pendapat anda tentang jenis pasar etika bisnis dalam pasar kompetitif dan etika bisnis dalam pasar global pada Restoran Ayam Bakar Losari ?
            Menurut opini saya tentang studi kasus ini dengan banyak nya persaingan yang kompetitif di pasar global restaurant ayam bakar losari sudah sangat baik karena dilihat dari desain dan produk pada ayam bakar losari itu mempunyai keunggulan yang beda dari ayam bakar yang lain yaitu menciptakan ayam bakar dengan bumbu yang khas dengan komposisi rasa yang seimbang, yang cocok untuk lidah orang banyak. Dalam pasar kompetitif ayam bakar losari juga menciptakan desain produk dan jasa seperti melakukan langkah untuk mengembangkan bisnis dari waktu ke waktu dan cara mengatasi siklus penjualan yang turun, dan cara mengidentifikasi apa yang menjadi keinginan konsumen dan cara memenuhi apa yang di inginkan konsumen.

Komentar

Postingan Populer